5 Tips Memilih Judul Skripsi

Bagi mahasiswa tingkat akhir, pasti pernah mengalami kegalauan ketika ditanya tentang ‘Judul Skripsi’ yang akan dibuat. Apalagi jika teman dekat kita sudah menemukan judul dan topik yang sesuai, namun kita sendiri masih kebingungan dengan Judul. Nah, disini penulis ingin berbagi beberapa tips yang membantu rekan-rekan dalam memilih Judul Skripsi.

1. Minat dan Passion

passion

Passion adalah hal terpenting dalam memilih Judul Skripsi. Jangan memaksa untuk mengambil topik yang tidak kita minati meskipun itu terdengar keren. Ketauilah terlebih dahulu inat dan kesukaan. Karena ketika kita mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat kita, kemampuan yang kita keluarkan bisa optimal.

2. Cari Topik yang Mudah

easy-5

Skripsi tidak harus keren, hal terpenting adalah skripsi ini mempunyai nilai guna dan manfaat, baik bagi peneliti maupun objek yang kita teliti. Hal-hal yang simpel namun bermafaat, jauh lebih bagus dibandingkan sesuatu yang kompleks namun manfaatnya tidak bisa dirasakan.

3. Memiliki Banyak Referensi

referensi data

Dalam mengerjakan Skripsi, kita tidak dituntut untuk melakukan sesuatu yang benar-benar baru. Kita bisa mengembangkan apa yang sudah dilakukan oleh peneliti lain. Jika penelitian sudah pernah dilakukan oleh orang lain, minimal kita sudah memiliki satu referensi. Jangan membuat sesuatu yang benar-benar baru, karena referensi yang ada pasti sangatlah minim. Jika ingin melakukan sebuah inovasi, lakukan itu di Thesis atau penelitian yang lebih tinggi levelnya. Untuk data referensi, pastikan sumber yang kita ambil terpercaya ya.

4. Sesuaikan dengan Budget

budget dan finasial

Sebelum melakukan penelitian, coba hitunglah terlebih dahulu biaya yang akan kita keluarkan. Sesuaikan dengan budget di kantong kita. Sebagai contoh apabila budget kita tipis, sebaiknya jangan melakukan penelitian di luar negri. Lakukan di lingkungan sekitar kita saja. Jangan sampai hanya demi skripsi, uang yang kita keluarkan terlampau besar.

5. Low-Medium Timeline

Waktu

Rencanakan waktu pengerjaan skripsi sedini mungkin. Jadi kita punya gambaran timeline pengerjaan dan effort yang akan kita berikan terhadap penelitian ini. Jangan sampai memilih sebuah topik yang memerlukan waktu bertahun-tahun. Penelitian dengan jangka waktu yang terlalu panjang berbanding lurus dengan budget yang kita keluarkan.

Advertisements

About olahdatayogya
saya bersedia membantu rekan2 yang kesulitan dalam pengerjaan skripsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: